Camilan Enak untuk Tetap Cantik dan Sehat

Pilihan Camilan Enak yang Tidak Membuat jadi Sakit atau Merusak Kulit!

 

Ngemil memang merupakan kegiatan yang sulit ditolak ya? Baik saat bekerja atau santai, ngemil terutama menikmati makanan yang manis, asin, dan gurih begitu menyenangkan. Namun, kamu mungkin tidak sadar bahaya di balik hobi ngemilmu, terlebih jika kamu tidak memilih camilanmu dengan tepat.

Kamu bisa saja mengalami kegemukan, kerusakan gigi, gangguan pencernaan, dan bahkan masalah kulit. Akibatnya, kamu mudah jatuh sakit atau kulitmu tidak cantik lagi. Karena itu, kamu harus benar-benar bisa membedakan mana camilan yang sehat dan tidak.

Bagi orang Indonesia, camilan yang paling umum dan mudah didapatkan adalah keripik serta goreng-gorengan. Keripik yang terbuat dari singkong, tempe, dan kentang atau bahkan yang bahannya hanya sekadar tepung-tepungan seperti kerupuk sekarang tersedia dalam berbagai rasa mulai dari pedas, manis, rasa barbeque, rasa ayam panggang, rasa udang, dan banyak lagi lainnya.

Aneka rasa tersebut kebanyakan didapat dari bumbu instan yang mengandung penyedap, pengawet, dan pewarna buatan. Bahan-bahan tersebut jelas berbahaya bagi tubuh dan dapat menimbulkan efek samping langsung seperti mual, diare, sakit kepala, dan sesak nafas. Bahkan, gejala alergi seperti gatal-gatal dan ruam pada kulit juga bisa muncul.

Sedangkan, goreng-gorengan yang dibeli di tempat yang kurang higenis, sudah jelas tidak sehat karena selain pemakaian minyak yang berulang-ulang tanpa diganti, kebersihannya juga tentu diragukan. Akibatnya, ada banyak lemak jahat yang terendap dan terbentuk pula senyawa karsinogenik, yaitu senyawa penyebab kanker. Belum lagi risiko "mengundang" bakteri masuk ke dalam tubuh.

Sekilas fakta, apakah kamu tahu kalau kanker usus adalah penyakit yang paling sering terjadi akibat kebiasaan suka mengonsumsi goreng-gorengan? Selain kedua makanan tersebut, masih ada lagi jenis-jenis camilan enak tapi ternyata jahat, antara lain:

  • Popcorn, terutama yang dibuat menggunakan mentega yang mengandung lemak trans.
  • Cookies, mengandung lemak dan gula yang tinggi.
  • Cakes, sama seperti cookies, mengandung lemak dan gula yang tinggi pula.
  • Crackers, berisi lemak trans.
  • Permen, mengandung pemanis dan pewarna buatan.
  • Minuman bersoda dan minuman rasa buah yang mengandung pemanis, perasa, dan pengawet buatan.

Kalau kamu masih ingin hidup tanpa penyakit dan memiliki kulit wajah dan tubuh yang sehat juga, berikut jenis-jenis camilan sehat yang bisa kamu jadikan alternatif dari camilan-camilan jahat tadi:

  • Buah-buahan segar, misalnya apel, jeruk, pisang, melon, dan pear kaya akan vitamin A, C, dan E yang membuat kulit cantik dan sehat. Buah dapat dibuat jadi beberapa resep contohnya popsicle/es potong buah, sup buah, salad buah, atau jus.
  • Yoghurt, mengandung probiotik dan kalsium yang baik bagi tubuh.
  • Sereal, harus yang tinggi serat dan rendah gula, misalnya oatmeal.
  • Dark chocolate, yang benar-benar cokelat asli tanpa tambahan gula dan susu.
  • Pistachio, sejenis kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E sehingga mencegah kerutan.
  • Apabila masih kangen jajanan keripik dan gorengan, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah. Beli sendiri bahan-bahannya lalu menggoreng dengan minyak yang baru dan minyak sehat, atau dipanggang di oven lebih baik karena lebih sehat lagi dan yang paling penting tanpa dicampur penyedap.

Dengan memilih camilan yang enak dan sehat, tidak hanya tubuh bugar yang didapat, tapi juga kulit cantik dan hati bahagia. So, jangan tergoda untuk ngemil yang tidak sehat, ya cantik! Karena begitu banyak pilihan camilan sehat yang lebih bermanfaat bagi wajah dan tubuh.

Sumber:
webmd.com/diet/features/healthy-snack-alternatives
voices.yahoo.com/healthy-snack-alternatives-kids-14516.html