Camilan Sehat, Kulit pun Cantik

Daftar Camilan Sehat yang Mempercantik Kulit

 

Makanan yang kamu konsumsi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu. Karena itu, kamu harus memperhatikan apapun yang masuk ke perutmu, termasuk camilan. Camilan yang baik dan sehat tentunya akan mendukung penampilan kulitmu menjadi lebih indah dan bercahaya. Sebaliknya, camilan yang tidak sehat dapat memicu masalah kulit seperti kulit berminyak dan jerawat.

Seperti apa camilan yang sehat dan tidak sehat? Intinya hindari berbagai camilan yang terlalu banyak diolah dan sudah dicampur dengan berbagai bahan-bahan buatan lainnya (seperti kue-kuean, keripik, gorengan) dan memiliki kandungan kimia yang tinggi seperti pengawet, penyedap, dan pewarna buatan. Semakin alami makanan yang kamu konsumsi, semakin tubuh dapat mencerna dengan baik dan tentunya semakin sehat.

Saat memilih camilan, pilihlah dengan bijak. Jangan hanya tertarik pada tampilan atau rasanya yang enak karena tidak semuanya dijamin sehat. Tapi jika kamu mencari camilan yang rasanya enak, kini banyak pula camilan yang tidak hanya lezat tapi juga sehat dan baik untuk kulitmu. Yang tidak kalah penting, jauhi kebiasaan ngemil secara tidak terkendali saat stres atau bekerja di depan komputer.

Ini dia daftar camilan sehat yang dapat kamu konsumsi tanpa rasa bersalah dan wajib kamu masukkan dalam daftar belanjamu:

  • Edamame, yaitu kedelai hijau yang enak untuk direbus. Selain ditemukan di Cina dan Hawaii, camilan ini sangat terkenal di Jepang. Edamame kaya akan lemak esensial, protein, serat pangan, serta berbagai mineral dan vitamin, terutama asam folat, mangan, dan vitamin K. Nutrisi tersebut bekerja dengan baik merawat keindahan kulit dan melindunginya dari penuaan dini. Edamame bisa dibeli di supermarket dalam keadaan segar maupun siap makan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti pistachio, biji bunga matahari, kacang kenari, hazelnut, dan walnut. Camilan jenis ini mengandung arginin, sejenis asam amino yang bersifat anti-aging dan dapat memperbaiki elastisitas kulit. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung asam lemak Omega 3 dan vitamin E yang dapat membuat kulit halus dan lembut. Pilih yang diolah secara dipanggang dan tanpa garam gula.
  • Strawberry dan blueberry, kedua jenis berry yang mengandung vitamin C tinggi sebagai antioksidan alami. Buah berwarna cantik ini juga mengandung asam salisilat yang dapat membantu menyembuhkan jerawat.
  • Kentang, kaya akan vitamin A yang mendukung perbaikan sel-sel kulit dan menjaga kecerahan kulit. Kentang baiknya direbus agar tetap rendah kolesterol. Kentang rebus merupakan camilan tepat untuk membuat kulit halus dan bening. Hanya kentangnya saja ya, cantik, jangan ditambah keju atau garam.

Sekarang kamu sudah tahu kan camilan lezat apa yang sekaligus bisa menjadi "makanan" sehat bagi kulitmu? Jadikan moto "camilan sehat, kulit pun cantik" sebagai bagian dari gaya hidupmu ya, ladies.

Sumber:
doctoroz.com/blog/mao-shing-ni-lac-dom-phd/4-satisfying-skinny-snacks
becomegorgeous.com/body-and-skin/tips_for_great_complexion/skin_friendly_snacks-1909.html