Efek Berenang Untuk Kulit Cantikmu

Efek Baik dan Buruk Berenang dan Cara Mengatasinya

 

Berenang merupakan salah satu olahraga terbaik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu, lho. Berenang juga merupakan olahraga yang banyak disarankan apabila seorang pasien sedang menjalani berbagai terapi, entah itu terapi bicara, sensori, dan motorik untuk anak-anak, terapi stroke untuk pasien dewasa, atau terapi yang dibutuhkan melatih otot. Selain untuk kesehatan, berenang juga membantu mewujudkan tubuh idealmu, bahu terlihat lebih indah, lekuk pinggang juga semakin cantik.

Wah banyak sekali manfaatnya ya… Tapi sayangnya ada beberapa faktor yang tidak baik untuk kulitmu saat berenang, yaitu sengatan sinar matahari dan zat klorin pada air kolam renang. Nah, hal ini dapat memberi dampak buruk seperti:

Iritasi Kulit
Kandungan klorin pada air kolam renang rentan berisiko iritasi pada kulit. Kulit yang terlalu banyak menyerap zat tersebut dapat menimbulkan banyak masalah. Parahnya lagi, jika kamu tidak segera membilasnya, tak jarang memunculkan bintik kemerahan disertai gatal.
Ini salah satu tanda iritasi.

Penuaan Dini
Tak jarang kamu menemui atlet renang yang memiliki banyak garis dan kerutan meski umur mereka masih muda. Ini adalah salah satu akibat yang timbul dari interaksi klorin dengan kulit. Apabila sering terkena zat ini, kulitmu dapat semakin kering sehingga memicu munculnya penuaan dini. Parahnya lagi, sengatan sinar matahari juga ikut menjadi faktor munculnya kerutan.

Dry Skin
Masalah satu ini sangat umum kamu rasakan seusai berenang. Kondisi kulit kasar, bersisik dan kering membuatmu tak nyaman. Ini terjadi akibat zat klorin menyerap natural oil pada permukaan kulit. Oleh karena itu, penggunaan lotion dan sunscreen amat disarankan sebelum masuk ke dalam air.

Tapi hal ini jangan sampai menjadi penghalangmu lho, cantik. Kamu bisa menghindarinya dengan cara:

  • Aplikasikan body lotion sekaligus sunscreen berbahan alami, maka agenda berenangmu tetap lancar.
  • Waktu terbaik berenang jam 5 pagi-7 pagi atau jam 5 sore-6 sore. Dan, jadwalkan berenang maksimal 2-3x dalam seminggu.
  • Jauh sebelum dan sesudah berenang jangan lupa konsumsi air putih yang banyak sehingga kulitmu terjaga kelembapannya.
  • Pilih bahan baju renangmu yang baik yang dapat meminimalkan paparan sinar matahari serta melindungimu dari bakteri di dalam air.

Sekarang tidak alasan untuk menjadi cantik sekaligus bugar, bukan?