Kulit Cerah Bercahaya dengan Segarnya Jus Sayur

Jus Sayur Memberi Nutrisi Penting Untuk Kulit

 

Jus identik sebagai minuman cantik yang terbuat dari potongan buah yang diblender dan membawa banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Namun, siapa sangka bahwa beberapa jenis sayuran juga bisa dibuat jus, bahkan dapat memperkaya nutrisi penting, vitamin, dan antioksidan yang dapat memperbaiki kekebalan tubuh dan membuat kulit cerah bercahaya.

Berikut jenis sayuran yang baik untuk dijadikan jus dan informasi mengenai kandungan nutrisi serta vitamin di dalamnya. Simak satu per satu yuk, ladies!

  • Wortel sarat akan vitamin A. Segelas jus wortel dapat memberikan sekitar 20.000 mg vitamin A yang dapat mencegah kulit kering. Wortel juga efektif untuk mengobati jerawat karena memiliki sifat detoksifikasi alias dapat mengeluarkan racun dari darah. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kamu mendapatkan kulit cerah.
  • Ubi jalar yang masuk ke dalam jenis sayuran umbi ini kaya akan vitamin C, beta karoten, dan potasium sehingga mampu meratakan warna kulit. Ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet.
  • Ketimun bersifat menyegarkan kulit dan membantu mengatasi jerawat berkat kandungan vitamin C, B kompleks, dan asam folatnya.

Beberapa jenis sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada, dan seledri juga bisa kamu jadikan campuran jus agar kandungan nutrisinya semakin lengkap. Sayur-sayuran tersebut mengandung zat besi, potassium, dan klorofil yang bekerja mirip hemoglobin dalam tubuh. Untuk meningkatkan rasa dari jus sayuran buatanmu, kamu bisa menambahkan melon, nanas, atau jeruk manis.

Agar semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kulit bisa didapat sekaligus dalam satu gelas jus, kamu bisa mengombinasikan dua atau beberapa jenis sayur-sayuran bersama potongan buah. Yang perlu diketahui, penting untuk mengetahui kandungan nutrisi dari setiap buah dan sayuran agar didapat kombinasi yang tepat.

Untuk membuat jus yang benar-benar sehat, pastikan menggunakan buah-buahan dan sayuran yang segar, bahkan jika bisa yang organik. Selain itu, cuci bersih kulit buah dan daun-daun dari sayuran yang akan dibuat jus tersebut.

Untuk memudahkan saat memblender, kamu bisa memotong-motongnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Kemudian, jika kamu terbiasa menambahkan gula saat membuat jus, sudah saatnya untuk mengurangi bahkan tidak memakainya. Kebanyakan buah sudah mengandung gula alami sehingga rasanya cukup manis.

Setelah jus siap, segera habiskan agar nutrisinya tidak rusak. Waktu terbaik mengonsumsi jus buah dan sayur adalah ketika perut kosong karena nutrisinya akan diserap tubuh secara maksimal.

Kamu pasti akan jauh lebih sehat baik dari tubuh maupun kulit, bagaimana tidak kalau hampir semua nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat diperoleh hanya dengan menghabiskan satu gelas jus setiap harinya!

Sumber:
livestrong.com/article/357552-glowing-skin-juice-diet
ehow.com/way_5188658_diet-juice-beautiful-skin.html