Makna Broad Spectrum pada Tabir Surya

Produk tabir surya yang ada di pasaran umumnya menyertakan label "broad spectrum" melengkapi label "UVA/UVB protection" pada kemasan. Lalu, apakah makna dari label "broad spectrum" yang berarti spektrum luas tersebut? Apa pula pengaruhnya terhadap manfaat melindungi kulit dari matahari? Untuk menjawabnya, kamu lebih dulu harus memahami bahwa kedua jenis sinar UV, yaitu UV A dan UV B memiliki efek sendiri-sendiri dalam merusak kulit.

Sinar UV A merupakan sinar dengan efek yang dapat menggelapkan kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti keriput dan bintik-bintik hitam. Sinar ini memiliki gelombang yang panjang dan dapat menembus awan serta kaca.

Sedangkan, sinar UV B adalah sinar yang memiliki gelombang lebih pendek tapi dapat membakar kulitmu. Terlalu lama dan sering terkena paparan sinar UV B juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Tabir surya yang baik haruslah yang menawarkan perlindungan dari kedua sinar tersebut. Tabir surya sendiri umumnya memiliki tingkatan SPF (Sun Protection Factor) yang merupakan ukuran seberapa baik tabir surya tersebut mengalihkan sinar UV B. Produsen tabir surya menghitung tingkat SPF berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk terbakar sinar matahari setelah menggunakan tabir surya tersebut dibandingkan dengan kulit yang tidak diterapkan tabir surya.

SPF 20 tambah PA++ sama dengan broad spectrum. Jika umumnya orang akan mengalami gejala kulit terbakar setelah berada di bawah sinar matahari selama 10 menit, maka sebuah tabir surya dengan SPF 20 akan memungkinkan seseorang untuk tetap berada di bawah sinar matahari 20 kali lebih lama tanpa gejala kulit terbakar. Sehingga, 10 menit dikalikan 20 sama dengan 200 menit waktu perlindungan terhadap sinar UV B.

Nah, untuk melengkapi perlindungan terhadap sinar UV B itu, tabir surya harus memiliki broad spectrum atau jangkauan yang lebih luas terhadap sinar UV A. Khusus untuk perlindungan terhadap sinar UV A, tidak ada nilai numerik untuk efektivitas produk seperti tingkatan SPF.

Namun, ada sebuah sistem penilaian Jepang yaitu PA. PA diikuti dengan indikator +, menjadi PA+, PA++ atau PA+++. Tanda + tersebut menunjukkan tingkat perlindungan UV A yang kamu dapat. Umumnya perlindungan PA++ sudah cukup baik menangkal efek buruk sinar UV A terhadap kulitmu.

Produk yang memiliki SPF 20 dan PA++ layak mendapatkan label "broad spectrum" karena mampu melindungi kulit secara luas dan menyeluruh, baik dari sinar UV A maupun UV B. Salah satu produk tersebut adalah Citra Advanced White Hand and Body Lotion.

Lotion ini bekerja secara efektif melindungi kulit dari matahari yang membuat kulit kusam, gelap, dan kering. Selain itu, kandungan unik minyak almond dan alpukat yang kaya vitamin di dalamnya dapat membuat kulit lebih cerah, halus, dan lembut. Dengan Citra Advanced White Hand and Body Lotion, kulitmu akan senantiasa cantik terawat dan terlindungi dari sinar UV.