Mengenal SPF Lebih Dekat Yuk, Ladies!

Mengenal SPF Lebih Dekat Agar Dapat Memilih yang Tepat

 

Ladies, kamu pasti pernah mendengar bahwa untuk mengatasi kulit belang dan melindungi kulitmu dari pengaruh buruk lainnya akibat sinar matahari, kamu harus rajin memakai tabir surya yang mengandung SPF tinggi. Tapi, apakah sebenarnya SPF itu? Lalu, setinggi apa SPF yang sesungguhnya dibutuhkan untuk melindungi kulitmu? Yuk, mengenal lebih dekat tentang SPF!

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Ini merupakan ukuran dari jumlah sinar Ultraviolet (UV) dari matahari yang diserap kulitmu. Misalnya pada SPF 20, sinar UV yang diserap adalah 1/20 atau 5%. Artinya, sinar UV yang ditangkal sebesar 95%.

Sebuah tabir surya dengan SPF 20 juga akan memungkinkan seseorang untuk tetap di bawah sinar matahari 20 kali lebih lama. Jika umumnya orang akan mengalami gejala kulit terbakar setelah berada di bawah sengatan matahari selama 10 menit, maka dengan SPF 20 ia bisa bertahan sampai 200 menit.

Selain SPF 20, kamu bisa pula menemukan tulisan SPF 15, SPF 30, SPF 45, dan SPF 50 pada produk-produk tertentu. Kemudian kamu mungkin akan berpikir bahwa semakin tinggi SPF maka semakin baik untuk melindungi kulitmu.

Nyatanya manfaat tambahan dari setiap tingkat SPF hanya berbeda sedikit saja. Dari SPF 20 ke SPF 30 misalnya, kamu hanya mendapatkan perlindungan tambahan sebesar 1,7%. Sementara kamu pastinya harus membayar beberapa kali lipat lebih mahal.

Perlu diketahui juga bahwa semakin tinggi tingkat perlindungan UV yang ditawarkan SPF, tingkat sensitivitas kulit juga bisa semakin terpengaruh dan dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan dan efek samping. Jadi bisa dikatakan bahwa SPF 20 sebenarnya sudah cukup baik melindungi kulitmu dan membantu mengatasi kulit belang.

Agar perlindungan dari produk dengan kandungan SPF 20 yang kamu gunakan bisa maksimal, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, produk harus digunakan secara merata ke kulit. Misalnya, jika produk tersebut berupa hand and body lotion, maka harus dioleskan ke seluruh tubuh, terutama pada bagian-bagian yang terbuka dan akan terpapar sinar matahari seperti leher, tangan, dan kaki. Kedua, ulangi pemakaian setiap 3 jam sekali, terutama jika lapisan SPF terkena air atau keringat. Terakhir, sebaiknya kulit dibersihkan terlebih dahulu sebelum kulit kembali diaplikasikan lotion dengan kandungan SPF.

Semoga info ini bermanfaat untukmu, ladies!

Sumber: safersunscreens.com/truthaboutspf.html,
dermatology.about.com/cs/skincareproducts/a/spf.htm