Rahasia Tampil Cantik Bebas Jerawat: Kurangi Makan Garam

Selain gula, garam merupakan salah satu penambah rasa yang bisa membuat masakan terasa lebih sedap. Bisa dibayangkan jika memasak tanpa garam, pasti rasanya hambar. Garam memang dibutuhkan tubuh terutama karena kandungan yodium di dalamnya. Akan tetapi, tak semua garam yang beredar merupakan garam laut dan jika dikonsumsi secara berlebihan, tak hanya mengancam tekanan darah yang lebih tinggi, tapi garam juga bisa membuatmu jerawatan lho, cantik!

Apa hubungannya garam dan jerawat, toh pengelupasan kulit juga banyak yang memanfaatkan garam sebagai salah satu bahan ter-ampuhnya? Mungkin selama ini kamu mengira bahwa kentang goreng memang bisa menyebabkan timbulnya jerawat karena segala makanan yang digoreng pastilah berlemak. Namun ternyata, garam yang terkandung di dalamnyalah yang memicu timbulnya jerawat di wajahmu yang sebelumnya mulus. Itu karena garam biasa mengandung iodida, dan pori-pori yang rawan jerawat akan memerah serta meradang jika tubuh mengeluarkan kelebihan iodida bersama dengan keringat.

Selain jerawat, apakah kamu pernah terbangun dengan perasaan yang sedikit bengkak di sekitar mata? Terlalu banyak garam dapat menyebabkan kulit menahan air, yang dapat menyebabkan pembengkakan karena kulit di sekitar mata sangat tipis. Oleh karena itu, kurangilah makanan ringan asin seperti roti dan keripik kecuali yang dibumbui dengan garam laut yang sarat akan yodium. Tapi tetap saja jangan terlalu banyak saat mengonsumsinya. Untuk mengurangi garam pada masakan, kamu bisa memangkas garam dengan menambahkan rempah-rempah.

Jadi, kendati tak terlalu terasa asin, masakan akan lebih beraroma dan lezat tanpa perlu banyak memasukkan garam ke dalamnya. Jadi ingin kulit mulus bebas jerawat? Kurangi asupan garam mulai sekarang ya, cantik!