Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sengatan Matahari

Sengatan sinar matahari adalah faktor yang berada di urutan pertama sebagai penyebab warna kulit tidak merata alias kulit belang. Sengatan matahari umumnya terjadi pada kulit yang terpapar sinar ultraviolet (UV) secara intens selama setidaknya 10 menit. Indikasi pertama dari sengatan matahari adalah kemerahan. Ini merupakan respon inflamasi (peradangan) dan juga merupakan hasil dari dilatasi (pembesaran) pembuluh darah.

Kulit kemudian akan mulai kehilangan kelembapan dan hidrasi yang menyebabkan tampilannya menjadi kering dan kasar. Perlahan-lahan, sel-sel kulit akan mulai menebal dan pigmen melanin akan diproduksi dalam upaya menghentikan penetrasi sinar UV ke lapisan kulit yang lebih dalam dan dapat merusak DNA sel.

Bila kulit terus dibiarkan terpapar sinar UV tersebut, maka akan terjadi hiperpigmentasi yang menyebabkan warna kulit tidak merata atau bercak-bercak hitam pada kulit. Itulah mekanisme sengatan matahari yang menyebabkan warna kulit tidak merata dan pastinya dapat mengurangi keindahan kulit serta menurunkan kepercayaan diri.

Tapi tenang, ladies. Untuk mengatasi kulit belang akibat sengatan matahari, ada beberapa cara merawat kulit dari luar dan dalam yang bisa kamu lakukan. Untuk perawatan dari dalam, kuncinya adalah dengan banyak minum air putih, dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Minum banyak air putih dapat mengatasi dehidrasi pada tubuh dan kulit akibat terpapar sinar matahari.

Sedangkan, mengonsumsi makanan yang kaya protein serta vitamin A, C, dan E dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk perbaikan serta menjaga kelembapan dan kecerahannya. Ikan tuna, minyak zaitun, sayuran, dan buah-buhan segar adalah sumber nutrisi yang baik untuk kecantikan kulit.

Berlanjut ke perawatan kulit langsung dari luar, kamu bisa menikmati mandi air dingin, lulur buah, serta mengusapkan hand and body lotion ke seluruh tubuh secara teratur.

Untuk membantu menjaga kulit tetap putih merata, pilih hand and body lotion yang dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, melembapkan kulit, serta membuat kulitmu tampak cerah secara menyeluruh. Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Citra Advanced White Hand and Body Lotion dengan minyak almond dan alpukat. Citra Advanced White Hand and Body Lotion memanfaatkan kebaikan alam dengan memadukan keunikan minyak almond dan alpukat yang kaya vitamin untuk membuat kulit tampak cerah, halus, dan lembut.

Sementara perpaduan SPF 20 dan PA++ dalam Citra Advanced White Hand and Body Lotion membantu melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B yang dapat menggelapkan kulit. Lotion ini pun dapat meresap dan memberikan perlindungannya sampai lapisan epidermis kulit. Setiap sehabis mandi, usapkan Citra Advanced White Hand and Body Lotion ke seluruh tubuhmu. Cara efektif menggunakan hand and body lotion adalah dengan mulai mengusapkan hand and body lotion dari kedua lengan, tubuh bagian depan, dan tubuh bagian belakang. Kemudian, kedua paha dan kaki sampai jari-jarinya.

Terakhir, jangan lupakan juga bagian punggung, telapak tangan, jari-jari, dan kutikula. Selalu usapkan lotion dengan gerakan melingkar disertai pijatan lembut. Berikan perhatian lebih pada bagian-bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti lengan dan leher serta bagian yang cenderung kering seperti tumit dan siku.

Namun, bagian tubuh yang tertutup sekalipun seperti perut, punggung, dan paha juga jangan sampai terlewat ya. Sebab, bagian-bagian tersebut pun membutuhkan perhatian ekstra agar kulitmu tampak cerah secara menyeluruh. Ulangi pemakaian lotion setiap kali dibutuhkan agar kulitmu selalu lembap dan semakin tampak cerah merata. Selamat mencobanya, cantik!