Tips Mengatasi Sunburn Saat Liburan di Pantai

Cantik, meluangkan waktu untuk bersantai sejenak dengan berlibur ke pantai pasti sangat menyenangkan. Apalagi kamu baru selesai ujian di kampus atau mengejar deadline di tempat kerja. Di pantai, kamu bisa menghilangkan stres sehingga pikiran bisa jernih kembali.

Namun, kamu jangan sampai lengah ya, cantik. Pakailah pelembap dengan kandungan SPF karena sinar matahari bisa membuat kulitmu menjadi gelap, kering, dan terbakar matahari. Cantik, sunburn ini dapat terjadi karena kulitmu terpapar sinar matahari sehingga terbakar, kemudian berubah menjadi kemerahan dan iritasi. Sinar matahari yang mengandung sinar UV A dapat memicu kulit makin gelap dan muncul tanda-tanda penuaan dini, sedangkan sinar matahari yang mengandung UV B dapat membakar kulit dan jika berlangsung lama bisa menjadi penyebab kanker kulit, termasuk melanoma. Tanda-tanda sunburn juga bermacam-macam, seperti kulit berubah menjadi merah dan terasa sakit. Kalau rasa sakitnya sudah parah, ini dapat membuat kulit bengkak dan melepuh. Nah sebelum kamu memutuskan untuk berlibur di pantai, yuk ketahui cara mencegah dan mengobati sunburn.

Mencegah Sunburn

Kamu harus pintar-pintar dalam memilih waktu untuk pergi ke pantai. Kenapa? Ini karena paparan sinar UV matahari paling kuat ada pada pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Jadi, kalau kamu ingin menikmati suasana pantai pada jam tersebut, carilah tempat yang teduh di bawah pepohonan yang biasa ada di pantai. Selain itu, kamu juga bisa memakai pakaian yang tepat untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Pakailah pakaian dan celana yang panjang namun tetap nyaman dipakai ke pantai, topi lebar, dan sunglasses. Tidak hanya itu, kamu dapat melindungi kulit dengan memakai hand and body lotion dengan SPF 20 untuk melindungi kulitmu sehingga kamu pun bisa terhindar dari sunburn dan kulit gelap. Kamu bisa mengaplikasikan hand and body lotion tersebut sebelum kamu keluar rumah. Dengan begitu, kulitmu pun akan terlindungi dari sinar UV dan tetap terjaga kelembapannya.

Mengobati Sunburn dengan Bahan Alami

Jika kulitmu sudah terlanjur terbakar sinar matahari, tenang cantik! Sunburn juga bisa disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut.

  • Oatmeal

  • Bungkus oatmeal kering menggunakan kain kasa, lalu basahi dengan air dingin yang mengalir. Tampung air tetesannya dan gunakan untuk mengompres luka. Diamkan sebentar dan ulangi setiap 2-4 jam sekali.
  • Susu bebas lemak
    Campurkan 1 mangkuk kecil susu bebas lemak dengan 4 mangkuk kecil air, lalu tambahkan beberapa buah es batu. Kompres kulitmu dengan campuran tersebut selama 15-20 menit, dan ulangi setiap 2-4 jam sekali.
  • Yoghurt
    Aplikasikan yoghurt ke area kulitmu yang terkena sunburn, lalu diamkan sebentar. Bersihkan menggunakan air dingin lalu tepuk-tepuk kulitmu untuk mengeringkannya. Nah, setelah mengetahui cara mencegah dan mengobati kulit yang terkena sunburn, kini kamu tidak perlu takut lagi untuk liburan di pantai bersama teman dan saudaramu. Selamat berlibur ya, cantik.